Sambengan's Blog

Bulan Agustus

Posted on: Agustus 12, 2009

Wah bulan ini ternyata banyak sekali yang dinanti ya…
Dibulan Agustus ini adalah bulan dimana tanggal 17 adalah hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang sangat-dinanti-nanti oleh Bangsa ini. Semoga dengan ulang tahun yang ke 64 ini, nanti Bangsa Indonesia ini akan lebih maju lagi.
Dan selain HUT RI yang ke 64, diibulan Agustus ini juga akan ada bulan yang penuh berkah bagi umat Islam dan sangat dinanti-nanti yaitu bulan Ramadhan. Karena bulan ini adalah bulan yang penuh ampunan, dan jika beribadah dibulan ini maka maka pahalanya akan berlipat ganda.
Nah sekarang ini sebenernya saya mau bahas tentang penyambutan bulan Ramadhan yang telah biasa dilakukan oleh orang-orang sekarang ini. Penyambutan bulan ramadhan sering kali dilakukan oleh para Remaja sekarang ini, yang kalo ditempat aku dinamakan Padosan, tapi kalo di tempat sobat semua mungkin ada yang namanya tidak sama bahkan malah tidak melakukannya.
Padosan adalah suatu aktifitas mandi keramas sebelum bulan ramadhan, dan biasanya para remaja sering melakukannya dengan pergi ke tempat pemandian-pemandian wisata, bahkan mereka berpasang-pasangan. Apakah yang seperti itu baik?
Tentu saja kalo menurut saya tidak, karena menurut ajaran islam sebenarnya tidak ada acara menyambut bulan ramadhan dengan yang pergi-porgi ke pemandian yang seperti itu, apalagi perginya berpasang-pasangan dengan sang pacar, karena islam sendiri sebenarnya mengharamkan pacaran. Selain itu juga ajaran agama selain ajaran yang Rosulullah SAW ajarkan itu adalah Bidah. Dan bidan itu tidak baik.
Tapi saya kadang juga ikut pergi buat jalan-jalan, karena saya memang senang dengan keramaian. Tapi niat saya bukan karena Padosan tadi.
Kalo ditempat sobat Blogger semua apakah juga ada hal seperti itu?

Iklan

60 Tanggapan to "Bulan Agustus"

Assalamu’alaikum

Selamat Sore, kunjungan balik. sering2 main ya…. 🙂

Kayaknya sih, daerah Bendol gak ada ritual yang begituan bro.
Mungkin mereka “jalan-2” menjelang Bulan Suci aja kali ya? Karena saat bulan puasa, sudah bukan waktunya jalan-2 lagi, apalagi sama sang pacar, bisa batal puasanya hehe…..

iya… mumpung masih ada kesempatan kali.

Biasanya makan2 bersama keluarga dan tetangga menjelang bulan puasa. Tapi sekarang dah lama g ngrasain itu lagi, soalnya aku pulangnya pas abis lebaran 😦

lho kok abis lebaran? kenapa gak mau lebaran aja?

ga ada begituan disini,,yg ada tuh,,festival layangan,festival belanja great sale,17an,ulangtahun temen, ultah anak temen,trus apa yah,,,,banyak,,yg jelas ga ada acara mandi kembang 7 rupa,hheeee

bukan mandi kembang, tapi mandi keramas..

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

I Love U fuuuuuuulllllllllllllllllllll

salam juga kang.. sering kesini ya..

kalo gw sih ada 17-an paling. hehehe… lumayan buat ngenyangin perut dengan makan kerupuk 😀

Tapi makan kerupuknya susah bangeth..

17 agustus sepi banget…. upacara doank udah

Di tempat saya, nggak ada acara mandi2 seperti itu.
Namun di keluarga besar saya, memang di sunnah kan utk mengikuti salah satu ajaran Rasulullah, yg dilakukan di rumah masing2, yaitu mandi sore atau bisa juga setelah magrib, utk berniat puasa esok harinya.
Silakan baca artikel Ramadhan saya di ,
http://bundadontworry.wordpress.com/makna-ramadhan/
Salam.

Di tempatku ada acara namanya ‘Megengan’.. Biasanya dua ato tiba hari menjelang puasa. Megengan artinya..menahan.. Sama seperti salah satu makna dan tujuan dari puasa.. Menahan haus n lapar..serta yg utama…menahan hawa nafsu….
Oh yaa..makasih udah mampir ke tempatku… Salam hangat.. Salam damai selalu…

jadi udah blajar menahan dulu ya,
sama-sama makasih juga..

Saya pernah mendengar ada kebiasaan seperti itu khususnya terjadi di daerah-daerah…Tapi saya tidak pernah mendengar Nabi Muhammad melakukan itu…Yang ada kita diharuskan untuk mempersiapkan menyambut kehadiran bulan Ramadhan, mulai dari persiapan fisik sampai pada penyiapan mental, agar kita siap menjalankan ibadah bulan ramadhan dengan khidmat, insyAllah..

Terima kasih sahabat telah berkunjung ke rumah ku..:)
Aku link ya blognya, agar silaturrahim tetap terjaga.

iya benar, terima kasih kunjungan baliknya ya..

banyak cara orang menyambut bulan puasa ya.
Yang penting kita melaksanakan puasa dengan baik.
Selamat datang Bulan Ramadhan dan Dirgahayu RI ke 64.
Salam kenal dan Salam sukses selalu.

Ok yang penting puasa kita nanti lancar..

Assalamu’alaikum,
Setiap tempat mempunyai cara tersendiri dalam menyambut Ramadhan, bagaimanapun caranya yang penting adalah jangan sampai bulan Ramadhan ini berlalu tanpa membawa perubahan baik pada diri kita, di bulan-bulan selanjutnya. Selamat Menjalan Ibadah Puasa Ramadhan, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Salam silaturahim dan persahabatan.
(Dewi Yana)

Setuju, kita harus menjadi lebih baik setelah melalui bulan ramadhan nanti. terima ksih..

Ya… itulah cermin masyarakat Islam kita, mereka belum bisa membedakan mana tradisi yg sesuai dengan tuntunan dan mana tradisi yg tidak sesuai.
Di tempat saya juga masih banyak tradisi2 yang semacam itu tuh.

iya benar… tradisi memang sulit dihilangkan ya..

Setuju, sobat… Kewajiban kita semua untuk memberitahukan hal ini. Moga posting sobat ini menjadi pencerahan bagi kita semua. Amin…

memang bulannya si agus .. hahaha
semoga makin barokah aja deh di bulan ini 😉

oalah… agos agos… hehehehe…
iya makasih ya..

Mardeka..merdeka..
Met ultah indonesiaku…
Met pagi kang…kunjungan persahabatan..

makasih ya.. udah berkunjung..

salam kenal mas….
kunjungan balik neeh
klo saya c mending ‘padosan’ bareng ma istri dirumah
hehehe
kn jadi kaya ‘Aisyah ma Rosululloh, tapi ga dikhususkn setiap menjelang romadhon…

masih jarang nulis nih critnya..?

Iya, mulisnya masih jarang banget…
maksih ya…

bulang Agustus…., bulan kemerdekaan…
MERDEKA !

blogwalking,
salam merdeka, dan ingat jangan jadi WAYANG bro 🙂
salam kenal ya….

Merdekaaaaaaaaaaa!!!!

Dirgahayu negeriku….

Merdeka !!!
yang jelas indahnya nafas kebebasan yang kita hirup saat ini tidak terlepas dari sosok proklamator kita, mampir iah ada Koleksi Photo Soekarno lho!

cuma satu kata MERDEKA

sekedar blogwalking nih. gak banyak yang bisa saya berikan cuma satu kunjungan dan satu page view.

MERDEKA.

whaat??
padosan?
namanya aja padosan; pa-dosa-an…
dosa, tuh…

xixixi…
peace v(“,)v

agustus memang bulan yang penuh ramhat dan berkah, ;ebih2 tahun ini. selain momen HUT kemerdekaan, ramadhan juga datang menanti kita. semoga ramadhan tahun ini benar2 bisa membuat kita menjadi insan yang merdeka!

Merdekaaaa…..!
salam,

kalo di Pekanbaru acara “adat” kayak gitu namanya Balimo Kasai, yaitu mandi pake air kembang plus perasan jeruk purut / limau. Biasanya mandinya rame-rame, ya..kayak mandi masal gitu deh. Dan lokasinya di sungai-sungai atau danau gitu..
Kalo aku sih, enakkan mandi di rumah sendiri aja lah…selain dijamin bersih dan dah pasti afdol kan…
Menurutku yg penting niatnya, dan mandinya bersih. kalo kembang dan air perasan jeruk itu, mungkin karena jaman dulu belom ada sabun and sampo kali yaaa..???!!…. 😀

salam merdeka dan selamat datang Bulan suci Ramadhan

Ditempat saya engga ada acara padosan. Kalau saya hartikan padosan mungkin padasan, yang ditempat saya kurang lebih artinya pemandian. Sayangnya engga ada ritual seperti itu. Adanya acara makan-makan (babacakan), acara sederhana bersama keluarga/saudara/teman-teman untuk menyambut ramadhan.

Salam Merdeka dan tentunya salam Ramadhan… Selamat menunaikan ibadah puasa…

kunjungan baliik 😀
agustus waktunya puasa, hehe

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Mohon maaf lahir dan batin. Salam sukses selalu.

Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

mohon maaf lahir bathin ya

wah enak yah disana ada “padosan”
kalo saya mungkin lebih cocok disebut “kencan di kolam renang” -_-a

dikota saya tidak ada istilah kayak gitu… atau saya yang ngga taw ya?

Tapi emang “padosan” ngga cocok buat dilakukan menyambut bulan rodamadhan… masak sama pacar… bisa2 malah nafsu yang muncul -_-a

maaf,, komentarnya baru aku munculin sekarang, karena 3 hri spidynya eror.
wah iya, mau puasa malah pada nafsu ya? hehehe…

Mandi keramas berpasang-pasangan? Aneh bin bid’ah ada ada aja yah (doh)

Bukan mandi berpasang-pasangan. tapi pada pergi, jalan-jalan. kadang juga ke tempat pemandian. tapi kalo renang bersama mungkin iya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tidak ada
  • Khery Sudeska: Selamat ultah yah, Mas Sambengan. Dan awardnya saya jemput dan ambil nih :D Insya Allah akan saya teruskan. Trims atas kehormatan ini; U'r best my fr
  • noersam: selamat ultah ...n met puasa
  • KangBoed: selamat ulang tahun yaaaaa.. semoga semakin dewasa mental dan spiritual

Kategori

%d blogger menyukai ini: